Just another WordPress.com site

Macromedia Freehand MX

FREEHAND MX

Secara umum,desain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu desain bitmap dan vektor. Perbedaan mendasar kedua desain ini terletak pada objek desainnya. Bitmap tersusun dari pixel-pixel warna dan raster, sedangkan Vektor terdiri dari garis.

Macromedia FreeHand MX adalah versi ke-11 dari software gambar berbasis vektor ini. Desain Vector adalah desain yang menggunakan garis sebagai bagian utama dari sebuah image.ini berbeda dengan desain bitmap yang menggunakan pixel warna dan raster sebagai objek utama image.
Sehingga dalam kondisi tertentu desain vektor tidak akan mengalami perubahan pada image meski dilakukan pembesaran sebesar apapun. Di pasaran ada setidaknya 3 buah software berbasis vektor yang banyak dipergunakan orang, yaitu CorelDRAW, Adobe Ilustrator dan Macromedia FreeHand.

Dengan tersedianya fasilitas yang sama, FreeHand MX menuntut persyaratan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Ilustrator apalagi CorelDRAW. Bahkan dibandingkan dengan release sebelumnya.
Perbandingan besarnya program Full Install :
FreeHand MX memerlukan 36,8 MB
FreeHand 10 memerlukan 38,9 MB
Adobe Ilustrator 10 memerlukan 79,5 MB
CorelDraw 11 full pack 256 MB
Kebutuhan memori juga lebih rendah, rata-rata besarnya ukuran file gambar untuk graphic yang sama lebih rendah. Akibatnya dengan bobot komputer yang sama,bekerja dengan FreeHand MX lebih lancar dan cepat.

FreeHand MX sangat andal untuk mengerjakan Desktop Publiser untuk jenis-jenis dokumen atau buku yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak.Pekerjaan desain logo, pembatas buku,neon box,sampai karakter kartunpun mudah dikerjakan menggunakan FreeHand MX.

Tampilan pada area kerja FreeHand MX pada umumnya hampir sama dengan sofware vector lainnya.Adapun yang berbeda adalah penggunaan fitur-fiturnya saja.Pada FreeHand MX, kita akan mengenal tampilan-tampilan interface area kerja, seperti Dialog, Tool Box, Property Bar, dan interface-interface lainnya.

Berikut ini gambar area kerja FreeHand MX secara umum.

  • Menu Bar: merupakan kotak yang berisi kan menu-menu aytau alat kerja pilihan yang terdiri dari beberapa menu.Masing-masing menu mempunyai sub menu.
  • Tool Bar (Main) : Didalam Tool Bar ini terdapat perintah-perintah pilihan yang akan sering digunakan dalam proses desain seperti New Document, Align, Transform, import dan fasilitas yang lainnya. Hal ini sangat penting dalam efektifitas penyelesaian sebuah desain. Untuk menampilkan main tool bar klik menu Windows – Toolbars – Main.
  • Tools Box : pada Toolsbox ini terdapat alat-alat gambar yang sangat penting untuk proses kerja kita. Tanpa menampilkan Tools, kita tidak dapat bekerja dengan FreeHand MX. Untuk Menampilkan Tools klik Windows – Tools (Ctrl+F2)
  • Panel Properties : Dalam panel ini terdapat dua menu pilihan yaitu Object dan Document. Kita dapat mengedit lembar kerja ataupun object desain dari Panel ini.
  • Panel Mixer and Tint : digunakan untuk mendifinikan warna-warna pada Object desain dengan pilihan yang lebih lengkap.
  • Panel Layers : Panel layer menampilkan semua layer yang ada dalam dokumen. Kita dapat menambah, mengkopi maupun menghapus layer. Melalui panel layer kita dapat memilih, membuat dan menghapus layer, menyembunyikan dan bahkan mengunci layer agar terhindar dari perubahan-perubahan yang tidak disengaja.
  • Panel Assets : Dalam panel ini terdapat tiga menu pilihan yaitu: (1) Swatches, yaitu menu untuk memberikan warna atau tidak pada garis, fill, ataupun keduanya. (2) Styles : yaitu menu yang di dalamnya terdapat berbagai bentuk objek shape yang sudah tersedia. (3) Library : merupakan sebuah menu seperti perpustakaan dimana didalamnya terdapat objek-objek shape yang mempunyai bentuk bermacam-macam.
  • Tool Bar Status : Adalah toolbar yang berisikan tentang informasi area kerja seperti Zooming, priview, dan satuan ukuran. Kita dapat mengganti satuan ukuran dari toolbar ini.


Atau perhatikan tabel dibawah ini :

Menu Bar 

 

Baris menu yang berisi perintah-perintah untuk mengedit gambar. 

 

Main Toolbar 

 

Toolbar standar yang secara normal aktif, berisi tentang perintah untuk mengeksekusi file/dokumen. 

 

Text Toolbar 

Toolbar yang berisi deretan 

icon untuk pengeditan teks.

Page rulers 

 

Penggaris yang biasa untuk membagi skala pada lembar kerja. 

Tools Panel 

Kumpulan beberapa 

icon yang digunakan untuk membuat dan mengedit gambar.

Color Mixer and Tints panel 

Panel yang berisi 

slider warna untuk mencampur warna yang akan digunakan pada gambar.

Inspectors panel 

Panel standar yang berisi pelengkap perintah dalam pembuatan gambar, teks, warna isi dan garis, serta pengaturan halaman. 

Swatch, Layer and Styles Panel 

Panel yang digunakan untuk menempatkan deretan warna yang dicari melalui Color mixer. 

Status Bar 

Informasi yang dijadikan ukuran tampilan halaman dan berisi jenis pengukuran yang sedang digunakan. 

Pointer 

Panah untuk menyeleksi object atau gambar dan merubah transformasi gambar. 

 

Subselect 

Panah untuk menyeleksi titik 

path dan melengkungkan path (garis).

Lasso 

 

Seleksi object dengan blok area yang fleksibel. 

 

Page 

 

Untuk menggeser lembar ( 

page) kerja.

Text 

 

Untuk mengaktifkan format pengetikan teks. 

Pen 

Untuk menggambar bebas dengan titik-titik path yang bisa langsung dilengkungkan. 

Bezigon 

Untuk menggambar bebas dengan titik-titik yang menghubungkan garis simetris. 

Pencil 

Untuk menggambar bebas tanpa menggunakan titik-titik simetris. 

 

Line 

 

Untuk membuat garis lurus. 

 

Rectangle 

Untuk membuat kotak dengan sudut persegi atau lengkung ( 

rounded).

Polygon 

 

Untuk membuat bentuk persegi banyak atau bintang. 

Ellipse 

 

Untuk membuat lingkaran. 

 

Spiral 

 

Untuk membuat bentuk spiral. 

Perspective 

 

Untuk merubah tampilan perspektif object. 

Freeform 

 

Untuk menarik garis ( 

path) lurus menjadi bentuk lengkung.

Scale 

 

Untuk merubah ukuran object berdasarkan skala tertentu. 

Rotate 

 

Untuk memutar object dengan sudut putaran tertentu. 

 

Reflect 

 

Untuk membalik object hingga berlawanan arah. 

 

Skew 

 

Untuk memiringkan object. 

 

Trace 

Untuk melacak warna dan bentuk dari gambar 

bitmap menjadi bentuk vector.

Knife 

 

Untuk memotong garis (path). 

 

Hand 

 

Untuk menggeser tampilan layar. 

 

Zoom 

Untuk memperbesar/memperkecil skala tampilan layar. 

Stroke Color 

 

Untuk memberi warna garis. 

 

Fill Color 

 

Untuk memberi warna ruang. 

 

Mengelola Tampilan dengan Zoom (Zooming) 

Salah satu kemudahan menggambar dengan komputer, yaitu kita dapat mengatur pandangan pada layar gambar. Untuk melihat keseluruhan bidang gambar, kita dapat memperkecil tampilan layar (zoom out) hingga keseluruhan objek gambar nampak semua. Sebaliknya, jika kita ingin menempatkan presisi letak suatu titik, garis, atau objek, kita dapat memperbesar tampilan layar dengan zoom in hingga 256 kali, bahkan kalau perlu masih dapat di tingkatkan.

Untuk memperbesar dan mengecilkan tampilan layar, dapat dilakukan melalui beberapa cara :

  1. Klik menu View – Magnification (perhatikan juga shortcuts-nya)
  2. Klik menu pull up (Magnification) pada toolbar status.
  3. Pilih icon Zoom Tool pada toolbox – klik pada objek untuk memperbesar (untuk memperkecil tampilan objek : klik kursor pada wilayah yang diinginkan sambil menekan tombol Alt)

Menampilkan Garis Grid
Dalam mengatur layout halaman seringkali diperlukan pemetaan bidang kerja. JIka secara manual seorang desainer sering dibantu dengan kertas bergaris, maka pada bidang gambar Freehand kita memiliki sarana bantu berupa Grid. Grid adalah titik-titik bantu yang muncul di latar belakang halaman gambar.
Untuk menampilkan garis Grid gunakan menu View – Grid – Show (Ctrl+Alt+G). Jika dalam menggambar kita ingin pointernya cenderung melekat pada Grid, aktifkan Snap To Grid dengan cara klik menu View – Grid -Snap To Grid (Alt+Ctrl+Shift+G)
Jarak antargrid dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita melalui menu View – Grid – Edit. Melalui kotak dialog yang muncul, masukan nilai yang kita inginkan.

Menampilkan Page Ruler
Page Ruler adalah penggaris yang ditampilkan dibagian atas dan samping kanan layar. Perlengkapan ini sangat membantu, khususnya dalam rangka ukur mengukur objek gambar yang ada pada bidang gambar kita. Awalnya Page Ruler ini tidak ditampilkan. ia baru muncul jika memanggilnya dengan menu View – Page Ruler – Show (Ctrl+Alt+R). Satuan ukurannya akan ditampilkan sesuai dengan pilihan satuan pada toolbar status.

Menampilkan Garis Bantu
Untuk mempermudah penempatan dan pengukuran objek gambar, kita dapat menggunakan garis bantu. Caranya cukup seretkan pointer kita dari Page Ruler yang telah kita tampilkan. Untuk membuat garis bantu horizontal, seret pointer dari page ruler horizontal, untuk garis bantu vertikal, seret pointer kita dari page ruler vertikal.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: